Kustomfest 2018: Pesawat Kustom Pertama Buatan Anak Bangsa Jadi Andalan. Sejarah Nih!

0
13
kustomfest 2018 pesawat kustom tua sejarah builder jogja expo center jec steve caballero
Kustomfest 2018 dimeriahkan pesawat kustom pertama buatan anak bangsa.

Tahun ini ada kabar gembira untuk pecinta kustom kulture di Indonesia. Kustomfest, diselenggarakan tanggal 6-7 Oktober 2018. Berlokasi di Jogja Expo Center, Yogyakarta ini konon katanya selain dihadiri invitation guest dalam negeri juga akan ada tamu undangan dari manca negara.

Banyak memang pecinta otomotif yang koleksi motor, mobil, atau kendaraan bermotor lawas bahkan ada yang langka. Bahagia dan bangga banget rasanya kalau punya kendaraan yang diidam-idamkan banyak kolektor. Namun nggak sedikit juga yang koleksi motor atau mobil modifikasi atau sering disebut kustom. Mulai dari tampilan, interior, bahkan sampai ke mesinnya. Penasaran ada apa saja di Kustomfest 2018? Yuk, simak ulasan berikut!

Color of Difference, tema Kustomfest 2018 yang sarat akan makna.

kustomfest gaia como hotel tanda tangan
Penandatanganan kerjasama Kustomfest 2018 dengan hotel GAIA Cosmo sebagai official partner.

Acara yang dinantikan penikmat dunia kustom kali ini mengusung tema Color of Difference yang memiliki maksud sebagai perwujudan simbolisasi keanekaragaman warna dalam dunia kustom kultur. Secara ekstrinsik tema ini juga menjadi pengingat bahwa wadah ini sebagai pemersatu dari sekian banyaknya aliran kustom. Mengutip kalimat yang diutarakan Lulut Wahyudi, Director Kustomfest bahwa, “Namanya perbedaan biarkanlah tetap berbeda, karena itu yang membuat kaya akan ragam dan rupa.”. Kustomfest menjadi ajang berkumpulnya selera, passion, dan ide dari setiap pecinta kustom yang berpartisipasi.

Baca Juga: Di Balik Gemerlapnya Dunia Pariwisata; Mulai Penipuan Harga Hingga Komisi Ilegal yang Dianggap Wajar!

Nggak cuma aliran kustom saja yang dijadikan sorotan dalam acara ini, namun juga banyak visi dan misi dari berbagai instrumen pegiat kustom kultur. Mulai dari musik, olahraga, artwork, dan lainnya. Jadi akan banyak hal seru yang dijumpai dalam perhelatan Kustomfest 2018.

Pesawat kustom pertama buatan anak bangsa, RI-X WEL ditunjukkan untuk kita semua.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kustomfest 2018 – Color of Difference menghadirkan pesawat bersejarah milik TNI AU. RI-X WEL, merupakan sebuah pesawat kustom pertama buatan anak bangsa. Selama ini pesawat yang menggunakan mesin motor Harley Davidson sebagai penggeraknya disimpan di Ruang Kronologi, Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta. Pesawat ini dirancang pada tahun 1948 oleh Biro Rencana dan Konstruksi dalam waktu 5 bulan di Pangkalan Udara Maospati (sekarang landasan udara Iswahjudi).

kustomfest 2018 plane pesawat bandara TNI AU
Dokumentasi pesawat RI-X WEL.

RI-X WEL pernah melakukan penerbangan dari Maospati menuju Maguwo (sekarang landasan udara internasional Adi Sutjipto) untuk dipertunjukkan pada sebuah pameran penerbangan di Yogyakarta yang pada saat itu dibuka langsung oleh presiden Soekarno.

RI-X WEL menjadi teladan dan pembawa pesan untuk generasi muda.

Keberhasilan para pendahulu membuat pesawat tersebut menjadikan sebuah pesan untuk generasi muda saat ini khususnya mereka yang menggeluti dunia kustom bahwa tidak perlu bersifat jemawa dan juga harus membuang sikap arogan pada saat di jalan. Selain itu juga kesuksesan menerbangkan pesawat kustom sebagai suntikan semangat agar tidak menyerah dengan segala keterbatasan.

Sebagai bentuk keteladanan kepada pendahulu yang telah berhasil membuat pesawat tersebut, Lulu Wahyudi menyegarkan pesawat RI-X WEL dengan merestorasi beberapa bagian pada pesawat termasuk warna badan karena telah termakan usia. Setelah selesai perbaikan akan diboyong ke arena Kustomfest 2018 dan siap ditunjukkan ke khalayak ramai.

kustomfest 2018 plane pesawat jogja
Lulut Wahyudi dengan salah satu pesawat yang akan dipamerkan di Kustomfest 2018.

Datang ke Kustomfest 2018 dan nikmati pertunjukan musik, instalasi seni, galeri, dan ikuti kesempatan menangkan lucky draw.

Seperti yang telah disebutkan di awal, Kustomfest 2018 juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari musisi andalan seperti The Sigit, Deadsquad, Shaggydog, The Hydrant, Death Vomit, dan lainnya. Selain itu juga dihadirkan invitation guest dari mancanegara antara lain Yaniv Evan – Power Plant Motorcycles, Kaichiroh Kurosu – Cherry’s Company, Hideki Hoshikawa – Asterisk Custom, dan masih banyak lainnya. Bagi penggemar skateboarding juga akan dibuat penasaran dengan sesi Meet & Greet with Steve Caballero, seorang skateboarder legendaris asal negeri Paman Sam.

Melanjutkan tahun sebelumnya, Kustomfest 2018 juga ada lucky draw yang dapat dimenangkan oleh pengunjung. Tentunya dengan kejutan hadiah yang masih dirahasiakan oleh panitia. Ajak teman, keluarga, saudara, gebetan, atau pacar ke Kustomfest 2018 ya!

Komentar