Risang Puspa Aji Arya Wibawa alias Risang Gotho seperti memberi warna tersendiri bagi dunia musik, terlebih untuk musik tradisional Indonesia. Tidak bisa dipungkiri jika kehadirannya memang seperti punya daya tarik tersendiri. Di mana pria kelahiran Wonogiri, 10 September 1997 ini membawa alat musik kendang menjadi sesuatu yang fenomenal.

Ya, bersama alat musik yang telah dipelarinya sejak usia 7 tahun ini, Risang Gotho seolah bisa menjelajahi dunia dengan caranya, yakni mengaransemen berbagai lagu. Tidak tanggung-tanggung, ragam lagu yang didaur ulang dengan tabuhan kendangnya pun tak hanya dari musisi tanah air, tapi juga musisi kenamaan mancanegara.

Dan untuk tahu bagaimana kelihaian Risang Gotho dalam menabuh kendangnya, langsung saja lihat bareng Casciscus di bawah ini.

1. The Chainsmokers-Closer (Cover by Risang Gotho).

Seperti hendak mengikuti perkembangan lagu yang ada di pasar, Risang pun tidak ragu untuk mengubah alunan lagu Closer dari The Chainsmokers menjadi sebuah alunan nan merdu. Dalam tabuhan kendangnya, lagu yang cukup menghentak-hentak ini seolah jadi sesuatu yang memanjakan telinga.

2. Justin Bieber-Sorry.

Sorry-nya Justin Bieber pun menjadi salah satu karya dari Risang yang tak kalah untuk dicungi jempol. Rekaman yang diunggah dalam laman YouTube pribadinya pada 9 Desember 2016 ini pun sudah ditonton lebih dari 16 ribu kali, lho.

3. Wis Khalifa ft. Charlie Puth-See You Again (versi Conkarah).

Lagu asli dari Wiz Khalifa featuring Charlie Puth yang berjudul See You Again dalam versi musik reggae dari Conkarah ini juga menjadi salah satu bukti mahirnya Risang. Bisa dinikmati sendiri jika pada kenyataannya dia bisa menabuh kendangnya dalam jenis musik apapun.

4. Jasmine Thompson-Send My Love.

Alunan yang mendayu-dayu dari lagu Send My Love persembahan Jasmine Thompson pun semakin manis didengar dengan tabuhan kendang. Rasanya mendengarkan karya Risang yang satu ini bisa cukup membuat tenang.

5. Justin Bieber-Love Yourself.

Lagi, Risang memainkan kendangnya untuk mengiringi lagu Love Yourself dari Justin Bieber yang dinyanyikan ulang oleh JAHBOY dalam versi reggae. Wow!

6. Adele-Hello.

Hello dari Adele juga menjadi salah satu incaran dari pria yang pernah bersekolah di SMK Negeri 8 Surakarta ini. Versi salsa yang terdengar dan dipadukan dengan tabuhan kendang rasanya menjadi begitu sayang untuk dilewatkan.

7. Tompi-Menghujam Jantungku.

Tak hanya lihai memainkan alunan lagu dari musisi mancanegara, lagu Menghujam Jantungku dari Tompi pun jadi santapan untuk Risang. Nuansa musik jazz yang ditawarkan seperti bukan persoalan berarti. Penampilannya luar biasa!

Itu dia beberapa aransemen tabuhan kendang yang dimainkan oleh Risang Gotho, cah Wonogiri yang patut diacungi jempol atas kreativitasnya. Bukan tak mungkin jika kemudian sosok Risang bisa dijadikan panutan untuk dunia musik tradisional Indonesia. Ya, sukses selalu, Risang!

Komentar