Kemarin adalah hari terakhir berlangsungnya salah satu event tahunan paling besar yang ada di Yogyakarta, Prambanan Jazz Festival 2017. Acara ini memang sudah beberapa kali digelar di Jogja, namun nampaknya yang terakhir kemarin adalah salah satu yang paling banyak menarik perhatian warganet. Sayangnya, hal yang membuatnya menarik bukanlah hal yang positif.

Dimulai oleh curahan hati Afgan yang diunggah ke Instagram, berita tak mengenakkan mulai menyelimuti salah satu acara yang paling ditunggu oleh para penggemar jazz tanah air ini. Lalu seperti apa sih beritanya? Simak yuk, ulasan dari Casciscus berikut ini!

Afgan harus menunggu 3 jam lebih sampai akhirnya tampil. Gila aja ngaret sih ngaret tapi yang nggak selama itu juga!

prambanan festival jazz afgan jogja yogyakarta musik sarah brightman rajawali
Nunggu 3 jam! Sumber: gimg.kumpar.com

Afgan yang rencananya tampil jam 8, akhirnya tampil pukul 10 lebih. Afgan yang sudah datang 1 jam sebelum jadwal manggung harus menunggu selama 3 jam untuk tampil. Manajemen waktu yang buruk ini membuat Afgan gerah. Event sebesar ini harusnya sudah dipegang oleh orang-orang berpengalaman yang paham benar manajemen waktu tampil para artis.

Hampir tak jadi naik panggung, Afgan akhirnya bisa naik setelah ngotot ke panitia. Masa artis tampil harus mohon-mohon?

prambanan festival jazz afgan jogja yogyakarta musik sarah brightman rajawali
Mau naik panggung aja harus debat! Sumber: www.winnetnews.com

Setelah menunggu 3 jam, Afgan terancam nggak naik panggung karena panitia memutuskan panggung Afgan harus mengalah karena panggung yang ditempati Sarah Brightman sudah nyala. Sudah harus nunggu 3 jam, eh malah nggak boleh tampil. Ini panitianya emang agak aneh sih.

Untungnya Afgan ngotot untuk tampil karena para penggemarnya yang sudah setia menunggu dari tadi. Setelah berdebat dengan panitia, akhirnya Afgan bisa naik panggung setelah menunggu selama 3 jam lebih dan diperlakukan sangat tidak layak oleh panitia Prambanan Jazz Festival!

Setelah tampil, Afgan harus rela memangkas penampilannya hingga tinggal 4 lagu saja. Padahal seharusnya 6 lagu sih.

prambanan festival jazz afgan jogja yogyakarta musik sarah brightman rajawali
Cuma boleh nyanyi 4 lagu! Sumber: www.indonesia.travel

Belum usia perlakuan tak mengenakkan dari panitia, Afgan yang sedianya menyanyikan 6 lagu harus rela dengan 4 lagu saja. Panitia memutuskan pemangkasan daftar lagu karena waktu yang terlalu berdekatan dengan waktu tampilnya Sarah Brightman. Ini parah sih. yang nggak becus ngatur jadwal kan panitianya, eh malah Afgan yang disuruh menanggung akibatnya!

Pas tampil, Afgan “diusir” panitia dengan mematikan lampu panggung. Panitianya gila ini!

prambanan festival jazz afgan jogja yogyakarta musik sarah brightman rajawali
Tengah-tengah nyanyi lampunya dimatiin! Sumber: http://www.siaranindonesia.com

Nampaknya hari itu memang bukan hari keberuntungan Afgan. Setelah naik panggung, lampu panggung Afgan dimatikan karena dianggap mengganggu suasana panggung Sarah Brightman. Suara sound system milik Afgan pun dikecilkan sehingga sulit mendengar musik yang keluar dari panggung ini. Untung para penggemar tetap mendukung dan menyalakan flash lampu handphone mereka. Meskipun ini menyedihkan dan nggak layak bagi Afgan, tapi suasananya memang kelihatan sangat romantis dengan lampu flash. 😀

Event Prambanan Jazz Festival adalah salah satu event paling besar yang digelar di Indonesia tahun ini. Sudah selayaknya event ini dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Namun, kenyataannya banyak sekali kekurangan yang ditemukan pada event ini. Mulai dari jadwal ngaret, manajemen artis yang buruk dan pengaturan flow penonton yang kurang bagus. Rajawali Indonesia Communication selaku EO memang sudah meminta maaf kepada Afgan dan para penggemar. Tapi, tetap saja, untuk EO sekelas Rajawali, hal ini benar-benar sangat memalukan.

Komentar