Setiap orang rasanya memiiki kebiasaan baik atau buruk yang bisa jadi sudah melekat di dalam dirinya. Saking melekatnya, bukan nggak mungkin jika kebiasaan tersebut kemudian dilakukan dengan nggak sadar. Lebih-lebih kalau nyatanya kebiasaan itu terjadi saat sedang tidur. Wah, sudah pasti makin nggak sadar selama nggak ada yang bilang.

Nah, kalau sudah ada orang lain yang kasih tahu soal kebiasaan buruk tersebut, nggak salah jika kemudian kamu memutuskan untuk mengubahnya. Ya, memang perlahan harus diubah sih, terlebih buat kamu yang masih sendiri alias belum nikah. Jelas itu harus diubah agar pasanganmu kelak bisa tidur dengan aman dan nyaman di sampingmu. Hihi.

Dan, ini nih sederet kebiasaan yang nyatanya sering dilakukan oleh sebagian besar orang ketika sedang tidur dan biasanya nggak disadari.

Iyalah nggak sadar, kan lagi tidur, yang tahu pasti orang lain.

1. Mengorok saat tidur.

kebiasaan aneh snore snoring sleep couple tidur
Ngoroknya berisik. Sumber foto: http://www.lofter.com/

Rasanya kebiasaan yang satu ini menjadi hal yang paling sering ditemui. Yap! Entah kenapa mendengkur atau ngorok jadi kebiasaan yang paling mudah ditemui. Terlebih buat mereka yang punya postur tubuh nan gendut, bukan nggak mungkin kalau suara ngoroknya akan terdengar kian besar.

Buat kamu yang sadar kalau kebiasaan ngorokmu bisa mengganggu orang lain di sekitar, coba deh buat perlahan-lahan mengubahnya. Meski terdengar seperti nggak mungkin, namun nyatanya bisa kok diubah. Caranya dengan menurunkan berat badan, nggak merokok, banyak minum air putih, dan tidur yang cukup.

2. Nggak bisa diam saat tidur alias lasak.

 restless sleep man
Tidurnya nggak bisa diam. Sumber foto: https://www.sciencenews.org/

Kebiasaan nggak bisa diam alias lasak pun nyatanya bisa saja terjadi sampai saat kamu sedang tidur. Bagi kamu yang lasak, pasti paham betul bagaimana posisi saat baru tidur dan setelah bangun akan berbeda 180 derajat. Sebab, ya, namanya juga nggak bisa diam, jadi dalam tidurnya pun pasti berputar-putar. Hm, nggak pusing apa ya? Heuehu.

3. “Krauk, krauk, krauk,” bunyi dari gigi yang digesek-gesekkan.

teeth grinding sleep man
Ngilu dengernya 🙁 Sumber foto: https://dentistexpert.org

Menggesek-gesekkan atau menggertakan gigi saat tidur juga jadi kebiasaan yang rasanya cukup menyebalkan bagi orang di sekitar. Sebab, suara yang dihasilkan itu, lho, bikin kuping jadi ngilu. Huhu.

4. Tidur sambil berjalan.

sleep walker man
Kan kalau jalannya kejauhan jadi berabe. Sumber foto: http://www.gnet.org/

Siapa di antara kamu yang kalau tidur suka turun dari kasur dan berjalan-jalan? Hihi. Kebiasaan yang bisa dikatakan cukup aneh ini pada kenyataannya dialami oleh beberapa orang. Dan kalau sampai hari ini ada di antara kamu yang masih mengalami hal tersebut, coba deh untuk memperbaiki kebiasaan dan pola hidup lain.

Karena selain karena faktor keturunan, penyebab dari kamu yang suka tidur sambil berjalan antara lain lantaran kebiasaan mengonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu. Selain itu, gangguan jantung pun turut bisa menjadi penyebabnya. Dan jeleknya kualitas tidur serta stres yang kronis nggak ketinggalan menjadi alasan. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk hidup sehat.

5. Kentut dan menghasilkan aroma yang begitu semerbak.

fart sleep woman
Bau! Sumber foto: https://www.snorenation.com/

Bicara soal kentut, bisa jadi nggak ada orang yang suka mencium aromanya yang selalu berbau nggak enak. Jelas jadi hal yang menyebalkan sih ketika saat tidur ada orang yang kentut. Untuk itu, coba deh mulai saat ini dibawa sadar supaya kamu nggak lagi kentut saat sedang tidur.

6. Nonjok dan nendang saat tidur juga harus segera ditinggalkan.

kicking sleeping couple
DUH! Sumber foto: http://www.pbs.org/

Mungkin perkara terlalu agresif sehingga ada orang yang kalau tidur bisa sambil nonjok atau nendang orang di sebelahnya. Nah, kebayang nggak sih kalau kamu sudah menikah nanti pasanganmu harus merasakan kesakitan itu saat sedang tidur. Makanya, pelan-pelan coba untuk tinggalkan kebiasaan buruk itu. Mungkin dengan tidur dalam suasana hati tenang dan nyaman bisa menjadi solusinya.

7. Kagetan saat tertidur jelas bikin orang lain ikut kaget.

surprised woman sleeping
Argh~ Suber foto: https://it.businessinsider.com

Nggak bisa dipungkiri kalau kagetan saat sedang tidur juga jadi salah satu hal yang cukup menyebalkan. Bagiaman tidak, kalau kamu tidur lalu kaget, bukan nggak mungkin orang yang tidur di dekatmu ikut kaget. Untuk itu, coba jangan biasakan dirimu menerima rangsangan kaget dengan mudah, pun saat nggak sedang tidur.

8. Mengigau juga harus dibuang jauh-jauh.

delirious sleeping woman
Mengigau kadang bikin panik. Sumber foto: https://www.verywell.com/

Kalau mengigau sesekali mungkin nggak jadi soal, tapi kalau itu jadi sebuah kebiasaan rasanya bisa cukup meresahkan. Ya, kalau ngigaunya bisik-bisik atau dengan suara yang pelan bisa jadi nggak gitu pengaruh, tapi kalau sampai teriak-teriak ‘kan berabe.

9. Siapa yang masih suka ngompol?

bedwetting adult sleeping
Kasurnya jadi pesing. Sumber foto: https://www.windelkind.org/

Kalau dikira ngompol cuma bisa buat anak-anak, maka itu nggak selamanya benar. Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka ngompol? Makanya, jangan lupa atau jangan malas untuk buang air kecil dulu sebelum tidur. Hihihi

Itu dia sederet kebiasaan buruk yang rasanya perlu perlahan-lahan diubah. Apalagi buat kamu yang masih sendiri, semua perlu diperbaiki sebelum menikah, supaya rumah tanggamu senantiasa aman dan nyaman.

Komentar