Menenangkan diri dari penat akan rutinitas yang dijalani sepertinya memang menjadi hal yang harus dilakoni. Bukan tanpa alasan, sebab secara tak langsung hati, pikiran, dan tubuhmu, seperti memiliki hak untuk merasakan kesegaran dan ketenangan kembali.

Untuk itulah rasanya bepergian ke tempat-tempat tertentu menjadi perlu untuk kamu agendakan. Ya, karena tak bisa dipungkiri jika bepergian menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan dan membuat dirimu menjadi segar kembali. Oleh sebab itulah, Casciscus hadir dengan beberapa destinasi terbaik untuk dikunjungi.

Yuk, check it out!

1. Gili Labak, Madura.

pantai madura gili labak langit beach
Surga kecil di Madura. Sumber foto: http://www.pergipedia.com/

Gili Labak merupakan salah satu pulau yang terletak di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Untuk bisa tiba di sana, kamu memang perlu beberapa kali berganti kendaraan umum. Pertama kamu harus mencari kendaraan untuk sampai di terminal Sumenep dan dilanjutkan dengan ojek atau bemo untuk menuju ke Pelabuhan Kalianget. Perjalananmu pun harus dilanjutkan dengan perahu kecil milik nelayan. Yap! Kapal kecil yang berkapasitas 18 orang ini bisa kamu sewa seharga Rp400.000, tapi kalau kamu bisa menawarnya bukan nggak mungkin dapat harga yang lebih murah.

Perjalanan panjangmu pun akan lunas terbayar dengan hamparan pasir putih dan beningnya laut biru yang dijamin akan membuat ketenanganmu segera datang. Sebab, berenang, bersantai, berjemur, diving, sampai snorkeling bisa kamu lakukan semua di sana. Namun, sebagai catatan, sebaiknya kamu membawa peralatan berenang dan menyelam sendiri ya. Karena di sana belum ada jasa penyewaan, bahkan di sana pun belum ada penginapan dan rumah makan. Jadi, kamu bisa mencari rumah warga atau camping di pantai untuk bermalam di sana, tentu jangan lupa siapkan bekal makanan.

2. Coban Talun, Malang.

forest flower coban talun malang girl menenangkan diri
Adem banget! Sumber foto: https://www.instagram.com/p/BN8IvkWDeiI/

Coban Talun sejatinya adalah sebuah air terjun yang terdapat di desa Tulungrejo, Kota Batu, sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Malang. Suasana dan udara sejuk dari hutan pinus akan turut kamu jumpai perjalananmu sampai tiba di air terjun tersebut.

Untuk menikmati ketenangan di sana pun kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam, karena tarif tiket masuk per orang hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Sedang Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp4.000 untuk mobil. Lantas, seperti bisa dijamin kalau kamu akan pulang dengan oleh-oleh ketenangan dari alam.

3. Gunung Pancar, Sentul.

gunung pancar pine forest sentul bogor
Asyik banget, ‘kan? Sumber foto https://www.pegipegi.com/

Gunung Pancar yang terletak di kawasan Bogor, Jawa Barat ini rasanya cocok banget buat kamu yang mau menenangkan diri. Kawasan hutan pinus ini pun begitu pas untuk kamu yang ada di sekitar Ibukota karena letaknya yang tidak terlalu jauh untuk dijangkau dari sana. Jangan kira kalau di Gunung Pancar kamu hanya bisa menikmati pepohonan pinus yang ada!

Sebab, di sana kamu bisa camping, glamping atau camping mewah, hiking, dan bersenang-senang di sejuknya udara. Segala aktivitas yang kamu lakukan rasanya sudah pasti akan membuatmu dirimu menjadi tenang. Hal itu dikarenakan udara dan suasana yang begitu mendukung untuk kamu nikmati. Namun, bisa jadi wisata ini tidak cocok untuk dilakukan dalam waktu yang singkat.

4. Menenangkan diri di kawasan Punclut, Bandung.

punclut bintang puncak bandung
Jadi berasa ada di negeri atas awan. Sumber foto: http://katalogwisata.com/

Kawasan Punclut alias Puncak Ciumbuleuit merupakan salah satu kawasan yang terletak 7 km dari pusat kota Bandung. Dataran dengan ketinggian 1.000 mdpl ini rasanya cocok banget untuk kamu yang hendak menikmati ketenangan dengan melihat kota Bandung dari atas sana. Jelas nampaknya kalau malam hari menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung, sebab dari atas sana kamu bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota Bandung yang begitu memesona.

Selain dapat menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang manis, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner tradisional khas Sunda yang dijajakan. Mulai dari nasi timbel, tutut, sambal pecel nan ciamik, dan lain sebagainya. Dan, tidak hanya itu sebab banyak pedagang kaki lima yang juga menawarkan pelbagai jajanan dan kebutuhan yang kamu cari. Jadi, pergi ke sana seperti menenangkan diri dengan paket lengkap, ‘kan? 🙂

5. Jalibar Bunga Matahari, Malang.

jalibar malang bunga matahari sun flower
Bunga matahari bagus! Sumber foto: https://www.instagram.com/p/BITj0LYjb_f/

Tanah kota Batu yang subur tepat banget menjadi tempat bertumbuhnya aneka ragam bunga. Makanya tak heran kalau kemudian ada beberapa sentra bunga yang memiliki pemandangan cukup menarik. Salah satu kebun bunga yang tengah menjadi perhatian di sana adalah kebun bunga matahari. Tepatnya berada di Jalan Lingkar Barat (Jalibar), kawasan wista dan penangkaran kuda di kaki Gunung Panderman.

Untuk bisa menikmati indahnya bunga-bunga matahari, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah. Untuk mendapatkan keberuntungan dengan bisa berfoto di antara bunga-bunga matahari yang tengah bermekaran, maka waktu yang tepat berkunjung ke sana adalah Februari. Namun, di luar bulan itu pemandangan yang tersedia tetap istimewa, kok.

6. Pantai Kesirat, Jogja.

kesirat beach jogja
Camping, yuk! Sumber foto: http://www.njogja.co.id/

Salah satu pantai terbaik untuk menenangkan diri ada di wilayah Gunungkidul, Jogjakarta. Tidak seperti pantai berpasir putih pada umumnya di Gunungkidul sana, Pantai Kesirat punya pesona di balik tebing karang yang menjulang dan menghasilkan suara debur ombak nan luar biasa. Yap! Tidak ada pantai dan pasir putih pada umumnya, sebab di sana kamu akan menikmati lautan dari ketinggian.

Suasana yang masih cenderung sepi di sana sangat memungkinkan kamu untuk menikmati sunrise dan sunset. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kamu memutuskan untuk camping di atas rumput hijau yang segar. Namun, kalau kamu memutuskan untuk pergi ke sana jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan ya, sebab jauh dari mana-mana. 🙂

Itu dia beberapa destinasi yang dijamin akan buat kamu tenang dan senang. Untuk itu, jangan ragu buat langsung agendakan jadwalmu, ya. Selamat mencari ketenangan.

Komentar