Kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Alasannya jelas, karena gigi turut jadi bagian yang akan begitu berpengaruh pada penampilan. Pasti bakal nggak nyaman dong rasanya kalau sampai gigi berlubang atau bahkan bau mulut mengganggu aktivitasmu dalam keseharian. Untuk itu, cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Idealnya sih sehari 3 kali.

Dan, nggak cuma itu, kamu perlu tahu jika ternyata akan ada banyak hal negatif lain yang terjadi kalau kamu malas menggosok gigi. Nah, untuk tahu kira-kira apa saja sih hal tersebut, yuk, langsung cari tahu bareng Casciscus di bawah ini!

1. Diabetes.

diabetes health tooth life
Kalau sampai diabetes ‘kan syedih… Sumber foto: http://www.endocrinos.cl/

Nyatanya memang nggak hanya membuat gigi berlubang saja. Terbukti dalam sehari saja, misalnya, kamu nggak gosok gigi, beragam penyakit bisa menyerang akibat bakteri dari mulut yang kering, salah satunya diabetes. Untuk itu, jika kamu nggak sempat gosok gigi, paling tidak kamu perlu menyiapkan dental floss atau permen karet bebas gula untuk membersihkan bakteri yang turut bisa memberikan masalah dalam pengaturan gula darah.

2. Pembuluh darah tersumbat dan stroke.

stroke health tooth life
Stroke 🙁 Sumber foto: https://www.deherba.com/

Sudah jelas jika malas sikat gigi akan membuat plak berkumpul di dinding pembuluh darah. Hal itu lantas mengakibatkan peredaran darah jadi lebih lambat, bahkan berhenti sepenuhnya. Lebih fatal lagi, sumbatan tersebut akan mengganggu peredaran darah untuk sampai ke otak. Dampaknya adalah kurangnya asupan oksigen ke otak yang lantas dapat memicu stroke. Seram!

3. Gangguan pernapasan.

asma sesak nafas health life
Sesak nafas. Berat! Sumber foto https://www.moonbowliving.com/

Jarang gosok gigi ternyata juga berpengaruh besar pada paru-paru kamu. Hal itu kemudian bisa banget mengakibatkan keluarnya berbagai penyakit yang berhubungan dengan masalah pernapasan. Seperti misalnya asma, infeksi kanker paru-paru, dan lain sebagainya.

4. Gusi berdarah dan peradangan gusi.

gusi berdarah health life menggosok gigi
Gusi berdarah dan bengkak. DUH! Sumber foto: http://www.gogetnews.info/

Infeksi pada jaringan dan tulang yang mendukung keberadaan gigi bisa saja terjadi, lho, kalau kamu malas gosok gigi. Hal itulah yang nantinya akan membuat gusi menjadi rentan mengalami pendarahan. Bukan nggak mungkin juga gusimu bisa mengalami pembengkakan dan peradangan. Ngilu nggak sih bayanginnya…

5. Abses otak

brain abses otak health life
Abses otak. Sumber foto: http://www.healthgoesup.com/

Percaya atau tidak, jarang menjaga dan membersihkan rongga mulut dan gigi ternyata juga bisa memicu abses otak; kumpulan nanah yang terbungkus oleh suatu kapsul dalam jaringan otak yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Meski memang terdengarnya aneh dan seperti nggak mungkin, namun itulah kenyataan yang sebenarnya ada.

6. Demensia.

dementia demensia health life
Demensia, cepat atau lambat. Sumber foto: http://solopos.com/

Untuk kamu ketahui, demensia merupakan sebuah istilah yang merujuk pada penjelasan penurunan fungsional yang sering kali disebabkan oleh kelainan yang terjadi di otak. Yap! Demensia adalah kumpulan penyakit dengan beberapa gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir maupun berinteraksi dengan orang lain.

Dan, ternyata malas menggosok gigi turut bisa menyebabkan demensia. Seperti penelitian yang dilakukan oleh University of California yang dipublish dalam Journal of American Geriatrics Society pada 5.500 orang dalam waktu 18 tahun. Di mana hasilnya para peserta yang terbiasa menggosok gigi kurang dari sekali setiap harinya, memiliki risiko 65% mengembangkan demensia dibandingkan peserta yang rutin menggosok gigi 3 kali sehari

7. Alzheimer.

alzheimer health life
Alzheimer. Sumber foto: https://www.deherba.com/

Nggak cuma demensia, kenyataan malas sikat gigi juga dapat menyebabkan penyakit Alzheimer; sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Seperti perkiraan, alzheimer bisa terjadi karena bakteri pada penyakit gusi dapat mengakibatkan peradangan dan kerusakan saat mencapai otak.

Itu dia sederet akibat yang bisa kamu rasakan kalau saja kamu malas menggosok gigi. Lalu, setelah tahu ini, apa masih malas untuk sikat gigi 3 kali sehari? Hihi. Ya, daripada kelak susah mengobati, lebih baik mulai sekarang kamu lebih rajin membersihkan dan merawat gigi.

Komentar