Bicara soal musim, kamu pasti sudah begitu akrab dengan musim penghujan yang lantas identik dengan hawa dingin dan selimut tebal. Selain itu, musim pada periode di bulan Oktober-April ini juga sering kali dikaitkan dengan kondisi fisik atau daya tahan tubuh yang menurun.

Karena alasan itu, seperti nggak heran jika saat musim hujan tiba banyak di antara kamu yang mengalami demam dan influenzaNah, demi terhindar dari kondisi tubuh yang nggak baik tersebut, coba deh simak beberapa hal di bawah ini. Casciscus punya cara yang memang perlu dilakukan supaya badanmu tetap fit dan sehat di musim hujan. Yuk!

1. Mengonsumsi buah menjadi hal yang nggak boleh luput kamu lakukan.

fruits buah banana apple
Makan banyak buah. Sumber foto: http://www.benita.ir/

Jika dalam keseharian kamu jarang mengonsumsi buah, maka hal itu nggak boleh luput dilakukan saat musim penghujan datang. Sebab nggak bisa dipungkiri jika buah menjadi asupan terbaik untuk tubuhmu. Ini nih daftar buah terbaik untuk kamu santap di musim hujan:

  • Pir, kamu pasti sudah tahu ‘kan kalau buah pir kaya akan air. Nah, itu yang menjadikan buah satu ini baik dikonsumsi saat musim hujan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya yang banyak menjadikan buah pir sebagai pilihan yang terbaik.
  • Pisang, buah berwarna kuning ini begitu kaya akan vitamin dan mineral. Itulah yang membuat buah pisang ini baik juga untuk proses pencernaan. Jadi, jangan khawatir kesulitan buang air saat musim hujan. Pisang bisa menjadi jawaban.
  • Apel, tubuhmu akan sangat dibantu untuk terhindar dari beberapa penyakit yang sering menghantui di musim hujan. Ya, dengan rajin makan apel maka kamu akan terhindar dari penyakit seperti batuk, demam, dan flu.
  • Jeruk, kamu pasti sudah tahu jika jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu kandungan serat yang ada pada buah jeruk tersebut pun cukup bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim hujan, sehingga tubuhmu selalu fit dan tidak mudah sakit.
  • Pepaya, juga kaya akan vitamin C yang bisa membantumu meningkatkan imun tubuh. Sehingga itu bisa membantumu dalam melawan penyakit. Lalu, serat pepaya yang tinggi pun akan memperlancar sistem pencernaan kamu.

2. Kamu pun nggak boleh sembarang pilih minuman, coba untuk rajin menikmati ragam minuman ini.

women drink health
Banyak minum air putih. Sumber foto: http://wtvr.com/

Saat musim hujan, kamu pun rasanya nggak boleh sembarang pilih minuman. Selain kamu harus banyak mengonsumsi air putih yang minimal 8 gelas sehari, kamu pun perlu mengonsumsi minuman-minuman ini:

  • Yoghurt, kamu pasti sudah tahu minuman satu ini. Ya, yoghurt jadi salah satu minuman yang perlu dikonsumsi saat musim hujan. Bukan tanpa alasan, yoghurt penting karena di dalamnya terkandung bakteri sehat yang begitu baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, yoghurt juga akan menjauhkan kamu dari kuman penyebab penyakit.
  • Teh, minuman ini juga akan cukup baik untuk diminum saat musim hujan. Karena kandungan L-theanine atau asam amino yang ada di dalam teh bisa membantu kamu untuk membangun protein dan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, kamu akan bisa terhindar dari ragam penyakit musim hujan.
  • Wedang jahe, di mana jahe sendiri merupakan salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Di musim hujan, jahe akan membuat tubuhmu tetap hangat. Dengan begitu suhu tubuh kita akan dijaga oleh jahe.
  • Susu panas, yang nggak boleh ketinggalan untuk dinikmati. Sebab, susu akan ampuh banget untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun selama musim penghujan. Hal itu dikarenakan susu yang merupakan sumber kalsium dan protein, di mana kandungan fosfor, vitamin, kalium, magnesium, dan seng sangat bermanfaat bagi tubuh.

3. Jangan lupa juga untuk selalu makan makanan yang baik!

women eat food health makanan sehat gizi
Jangan makan sembarangan. Sumber foto: http://onedio.co/

Nggak cukup hanya buah dan minuman, makanan yang baik pun jadi hal yang penting untuk kamu perhatikan. Untuk itu, coba deh buat mengonsumsi makanan-makanan ini saat musim hujan:

  • Oat, makanan satu ini memang memiliki kandungan yang khusus berfungsi sebagai antioksidan dan mikroba. Itulah yang kemudian akan mampu melindungi kerusakan sel akibat ketidakstabilan molekul atau mikroorganisme. Dengan memasukkan oat ke dalam menu sarapanmu di musim hujan, bukan  nggak mungkin tubuhmu akan jadi selalu fit.
  • Sup ayam, makanan berkuah satu ini akan ampuh  banget untuk membantu kamu menghangatkan tubuh, terlebih saat misal kamu sudah terlanjur terjangkit flu. Selain itu, sup juga bisa digunakan sebagai penjaga suhu tubuh agar tetap stabil.
  • Bubur kacang hijau, nyatanya bukan cuma ibu hamil saja yang wajib mengonsumsi kacang hijau. Kamu pun perlu menikmatinya saaat musim hujan tiba, sebab kandungan vitamin C, folates, pitoresterol, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tubuhmu. Artinya, kacang hijau dapat menjadi senhata ampuh untuk mencegah peradangan dan menambah sistem imun.

4. Selain itu, kamu juga perlu mandi air hangat jika dengan terpaksa kamu harus kehujanan.

girl shower bathroom mandi
Keramas dengan air hangat, Sumber foto: http://lifestyle.okezone.com/

Saat musim hujan tiba, akan sangat mungkin terjadi jika kamu terpaksa kehujanan. Jika hal itu memang harus kamu rasakan, maka yang harus kamu lakukan adalah mandi dengan air hangat. Ya, kamu perlu membasahi rambut dan badanmu yang sudah basah itu dengan air hangat.

Alasannya adalah karena tubuhmu mengalami penurunan suhu yang drastis saat terkena air hujan. Dan gunanya membasahi tubuh dengan air hangat adalah untuk mengembalikan suhu tubuhmu kembali normal. Lalu, jangan lupa juga untuk bergegas mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuhmu nggak semakin dingin, itu juga berguna buat menghindari masalah kulit, lho.

5. Mengatur dan menjaga pola tidur juga jadi salah satu hal yang nggak boleh disepelekan agar tubuh selalu sehat.

girl sleep alone tidur pulas
Tidur yang cukup, ya! Sumber foto: http://enlineanews.com/

Semua kebutuhan di atas pun rasanya nggak akan cukup jika tanpa diikuti oleh pola istirahat atau tidur yang baik. Sebab, nggak bisa dipungkiri kalau pola tidur yang baik menjadi aspek paling besar untuk mempertahankan daya tahan tubuhmu. Untuk itu, cobalah buat mengatur dan menjaga pola tidur selama 6-8 jam dalam sehari.

Itu dia beberapa hal yang memang perlu kamu lakukan saat musim hujan agar tubuhmu selalu fit dan sehat. Saat kamu memang rutin untuk memenuhi dan melakukan semuanya, mustahil kalau daya tahan tubuhmu akan menurun. Yeay! Selamat menjalani dan sehat selalu, Guys.

Komentar