Sebelum menelusuri dan membaca tulisan ini sampai habis, ada baiknya jika lebih dulu kamu menonton video berikut ini, this is Kayleigh’s Love Story:

Horrifying Video Shows Horrifying Story Of Online Grooming

This true and horrifying story about online grooming needs to be shared.

Dikirim oleh UNILAD pada 19 Maret 2017

 

Lantas… Mungkin saat ini kamu sedang berpikir kalau hal yang dialami oleh Kayleigh Haywood bukan satu-satunya yang terjadi. Sebab, kenyataannya memang sudah ada banyak kasus serupa terjadi di Indonesia. Dan, setelah memikirkan hal itu, bukan tak mungkin ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala, salah satunya adalah bagaimana itu bisa terjadi dengan mudahnya?

Ya, perkara kecanggihan teknologi dan segala hasrat yang dimiliki manusialah yang menyebabkan semua bisa saja terjadi. Bahkan kalau boleh dikatakan, tak ada hal yang benar-benar sulit dilakukan di dewasa ini. Dengan kata lain, semua memang benar-benar bisa saja terjadi, terlebih jika diikuti dengan rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi, bukan nggak mungkin hal seperti kisah Kayleigh bisa dialami.

Dan, keberadaan kisah Kayleigh tersebut pun lantas bisa dijadikan sebuah pelajaran berharga tentang bagaimana seharusnya kita menjaga diri dengan baik. Maka dari itu, kiranya perlu tiap-tiap dari kita menyadari dan melakukan hal-hal di bawah ini agar kejadian seperti itu tak perlu dirasakan olehmu.

Pada dasarnya, semua orang suka dengan orang baik. Namun, bukan berarti kamu jadi mudah tertarik.

childe abuse teenager woman girl
Sssst! Sumber foto: http://www.life.hu/

Pada dasarnya, semua orang itu baik. Dan, tentu semua orang suka dengan orang yang baik. Bahkan, bukan tidak mungkin jika hampir tiap orang menjadikan baik sebagai salah satu syarat atau keinginannya dalam mendapatkan teman atau pasangan. Namun, bukan berarti perihal baik itu dijadikan salah satu alasan untuk kamu mudah tertarik dengan orang lain, apalagi dengan dia yang belum kamu kenal dengan baik. Sebab, untuk menjalin sebuah pertemanan, terlebih hubungan baik saja tidak akan cukup kalau tak diimbangi dengan hal lainnya. Alasannya sederhana, karena sejatinya tidak ada yang tahu rasa baik tersebut benar tulus atau justru mengharapkan sesuatu yang lain.

Jangan mudah terlena dengan perhatian yang diberikan.

child abuse teenager girl daddy issues
jangan terlena. Sumber foto: http://www.pdhpsicologia.com/

Tidak bisa dipungkiri memang kalau sebuah perhatian menjadi salah satu hal yang begitu sensitif untuk diberikan. Kenapa sensitif? Karena tidak jarang ada orang-orang yang menyalahartikan bentuk perhatian menjadi sesuatu yang berhubungan dengan perasaan. Berangkat dari alasan itulah jelas rasanya jika kamu memang perlu memberikan filter pada perhatian yang kamu dapat dari orang di sekitarmu. Lebih-lebih jika perhatian itu datang dari orang yang membuat hatimu merasa bergetar, jelas kamu harus bisa mengartikan perhatian itu dengan baik, agar kamu tak jadi terlena dan selalu bisa berpikir jernih terhadap situasi dan kondisi yang benar tengah terjadi.

Jika kamu adalah seorang yang senang dengan pujian, maka mulai hari ini cobalah untuk mengimbanginya dengan kenyataan.

child abuse teenager girl
Imbangi dengan kenyataan. Sumber foto: http://www.delfi.ee/

Mungkin memang tidak ada yang salah dengan sebuah pujian. Dan jika kamu adalah seseorang yang senang dengan pujian, maka mulai hari ini cobalah untuk lebih bisa mengimbanginya dengan kenyataan. Ya, bukan berarti segala pujian tersebut tak sesuai dengan dirimu, namun kamu harus mengerti tujuan dari pujian yang diberikan itu memiliki makna terselubung atau tidak. Terlebih bagi para gadis, jangan sampai larut dengan segala pujian-pujian yang diberikan oleh mereka. Bukan menakuti, hanya saja kamu memang perlu mengantisipasi segala rayuan terselubung yang bisa saja akan merugikan dirimu nanti.

Perihal mudahnya menjatuhkan kepercayaan pada orang lain pun jadi salah satu pegangan yang tak boleh digampangkan.

child abuse teenager girl sad
Percaya sama diri sendiri dulu. Sumber foto; http://mariamarian.md/

Percaya atau tidak, sebuah kepercayaan memang begitu dibutuhkan untuk menjalani keseharian, terlebih jika itu berhubungan dengan orang lain. Rasanya akan menjadi sesuatu yang sulit dijalani jika tidak adanya sebuah kepercayaan yang terjalin. Dan, menjadi jelas rasanya jika sebuah kepercayaan jadi salah satu pegangan yang tidak boleh digampangkan. Meski begitu, ada satu hal yang perlu untuk dipahami, yakni bukan berarti kamu bisa mudah menaruhkan rasa percayamu pada orang lain.

Seperti contoh kisah dalam video di atas, itu yang menjadi alasan kenapa sebaiknya kamu jangan mudah percaya pada orang lain, terlebih pada mereka yang baru dikenal. Sebab, bukan tidak mungkin jika rasa percaya yang sudah kita taruh pada mereka akan berujung pada kecewa dan berakhir tak sesuai dengan harapan kita. Pelajarannya adalah bagaimana kamu bisa meletakkan rasa percaya pada orang yang tepat, yang mampu menjaga dan menghargainya.

Sebab banyak kasus serupa yang terjadi dan menimpa anak di bawah usia, maka memberikan pemahaman yang sesuai dengan jalannya adalah hal utama.

child abuse girl teenager mommy
Lyfe… Sumber foto: http://www.edcenterforlife.org/

Kejadian seperti kisah Kayleigh bisa dikatakan sudah banyak terjadi dan menimpa anak-anak di bawah usia. Oleh sebab itu, rasanya memberikan pemahaman yang sesuai dengan jalan dan usianya menjadi hal utama. Di mana peran orang di sekitar begitu penting adanya, serta pemahaman akan segala perkemabangan teknologi juga dirasa perlu diseimbangkan. Semua dilakukan agar tak ada kejadian serupa yang harus dirasa oleh orang-orang di sekitar kita.

Sederet hal tersebut akan bisa menjadi sebuah tameng bagi dirimu sendiri maupun orang-orang di sekitar, agar tak ada lagi korban seperti Kayleigh’s Love Story berikutnya. Dan, satu hal yang harus dipahami jika kejahatan seperti itu begitu dekat dengan kita, untuk itu kesigapan dalam menutup berbagai kesempatan begitu perlu diiperhatikan.

Komentar