Mendengkur atau ngorok saat tidur rasanya sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sering ditemui. Mungkin bagi yang bersangkutan itu nggak jadi masalah berarti, ya, secara dia tidur dan nggak tahu apa yang terjadi. Namun, akan lain soal bagi orang lain di sekitar yang mendengarkannya. Bukan nggak mungkin ‘kan kalau mereka begitu merasa terganggu atau sampai nggak bisa tidur dibuatnya.

Nah, meski terdengar menjadi sesuatu yang nggak mungkin diobati, namun pada kenyataannya ngorok bisa disiasati, kok. Dan di bawah ini Casciscus punya beberapa cara yang bisa dilakukan agar ngorokmu pergi menghilang. Yuk, simak!

1. Membetulkan posisi tidur menjadi cara pertama yang memang benar efektif.

sleep man snore tidur ngorok
Atur posisi bantal dengan benar!

Cara pertama yang bisa kamu lakukan supaya nggak ngorok adalah membetulkan posisi tidur. Di mana cara yang benar adalah kamu harus meletakkan kepalamu jauh di belakang posisi bantal. Sebab, cara tersebut berguna sebagai pembersih tenggorokan yang menghasilkan dengkuran.

Selain itu, akan lebih baik untuk kamu menghindari posisi telentang saat tidur, karena posisi tersebut begitu berpotensi menghasilkan dengkuran. Pasalnya saat kamu tidur telentang, lidahmu akan tertarik ke belakang sehingga saluran udara menyempit dan menjadi pemicu dengkuran.

2. Menurunkan berat badan dan memiliki badan ideal pun turut memengaruhi kebiasaan ngorokmu.

diet obesitas man snore
DIET dan hidup yang sehat!

Ngorok pun ternyata berhubungan dengan masalah berat badan. Biasanya, mereka yang ngorok cenderung memiliki bobot yang tidak ringan alias berat. Untuk itu memang perlu rasanya menurunkan berat badan hingga di titik badan yang ideal. Kamu bisa saja menjalani diet supaya ngorok jauh-jauh saat kamu tidur. Selain itu, menurunkan berat badan pun akan memberikan banyak dampak baik bagi kesehatanmu. Sebab, kamu perlu memahami berat badan yang berlebih dan nggak ideal akan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

3. Kamu pun memerlukan pola tidur yang baik dan waktu tidur yang cukup.

sleep man snore tidur ngorok
Yang penting atur pola tidur nyenyakmu.

Kamu mungkin sudah paham jika salah satu yang menyebabkan orang ngorok saat tidur adalah karena kelelahan. Jika sudah kelelahan, ngorok pun seperti nggak pandang bobot tubuh, mereka yang kurus pun bahkan bisa saja punya suara mendengkur yang keras. Oleh sebab itulah, akan menjadi hal yang sangat baik jika kamu punya pola dan waktu istirahat atau tidur yang cukup.

4. Menggunakan uap air hangat sebelum tidur juga bisa membantu kamu supaya nggak ngorok.

uap air hangat hidung lega ngorok
Uap air hangat akan bikin lega.

Cara lain untuk menghindari ngorok saat tidur adalah dengan menggunakan uap air hangat sebelum tidur. Hal itu dikarenakan ngorok begitu berkaitan erat dengat bagian hidung, oleh sebab itu kamu perlu membersihkannya. Dan, uap air hangat yang dihirupkan akan begitu membantu. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menaruh air hangat di dalam sebuah wadah dan menghirup uap air hangat tersebut secara dalam-dalam. Kalau kamu melakukannya dengan benar, itu akan melegakan saluran nafas dan tenggorokanmu.

5. Hidup sehat tanpa alkohol pun turut memegang peranan, lho.

alkohol drunk women ngorok
Jangan konsumsi alkohol demi kebaikan.

Seperti hal pasti terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan. Selain itu, nyatanya alkohol pun turut memiliki andil pada kebiasaan mengorok. Alasannya karena pengaruh alkohol pada otot-otot yang ada di bagian belakang tenggorokan, di mana otot tersebut terus bekerja pada saat kamu tertidur setelah meminum alkohol. Jadi, kalau kamu mau menghilangkannya, ya, cobalah untuk hidup sehat tanpa alkohol.

6. Berhenti merokok untuk kamu si perokok aktif juga bisa jadi salah satu solusi.

smoking woman merokok
Stop merokok!

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab mendengkur saat tidur. Hal itu dikarenakan zat berbahaya yang ada di dalam rokok mampu mengiritasi selaput lendir di dalam pernafasan manusia. Dari iritasi tersebut, pembengkakan di selaput lendir pernafasan manusia pun bisa terjadi dan menyebabkan produksi lendir meningkat. Nah, ketika produksi lendir semakin banyak, akibatnya adalah saluran pernafasan menjadi tersumbat dan menyebabkan dengkuran saat kamu tidur.

7. Yoga dan relaksasi pun rasanya menjadi perlu kamu lakukan.

yoga relax relaksasi
Relaks~

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan yoga atau melakuakn relaksasi. Hal itu dikarenakan relaksasi ataupun yoga mampu digunakan untuk menghilangkan rasa lelah dan penah yang ada di dalam tubuh. Seluruh otot maupun pikiran seperti bisa kembali tenang dan relaks setelah melakukan dua hal tersebut. Caranya pun beragam, untuk yoga kamu memang pasti butuh panduan. Namun, untuk relaksasi kamu bisa saja melakukannya dengan jalan-jalan santai, memasang aroma terapi, atau bahkan sekadar mendengarkan musik klasik yang menenangkan.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan di dalam keseharian untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengorokmu. Kalau kebiasaan ngorokmu sudah hilang, ‘kan semuanya bisa tidur aman dan tenang. Hihihi.

Komentar