10 Kegunaan Menakjubkan Madu yang Belum Anda Ketahui

0
152

Ternyata banyak manfaat kesehatan, dan kegunaan yang tidak biasa untuk madu selain memasukkannya ke dalam teh Anda. Selalu pilih madu Manuka atau madu lokal yang lebih sedikit diproses daripada yang ada di toko. Pasar petani lokal Anda adalah sumber yang bagus. Berikut adalah manfaat madu yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Obat mabuk

Letakkan Tylenol dan ambil madu! Hanya beberapa sendok makan dalam segelas air sudah cukup. Madu mempercepat metabolisme alkohol, membantu tubuh menghilangkan senyawa beracun dalam prosesnya. Obat lezat dan alami yang akan menghilangkan sakit kepala berdenyut Anda dalam waktu singkat.

2. Madu dapat digunakan untuk luka, luka bakar, dan lainnya secara topikal

Ada banyak perawatan antibakteri yang mempercepat penyembuhan dan menghentikan luka Anda. Madu memiliki efek antiseptik yang sama dan dapat membantu menyembuhkan memar, luka bakar, dan luka sembuh secara signifikan lebih cepat. Cukup oleskan lapisan tipis ke area yang terkena.

3. Perawatan untuk membuat rambut lebih lembut

Yup, madu bahkan bisa bertindak sebagai pelembab untuk membuat rambut Anda berkilau dan memberikan hasil berkualitas salon.

Caranya : campur satu sendok makan madu dengan sampo Anda untuk kualitas hidrasi tambahan, atau buat maskernya, campur madu dengan minyak zaitun dan oleskan selama 15-20 menit sebelum membilasnya secara menyeluruh.

4. Pelembab kulit

Pelembap bisa menjadi bagian mahal dari setiap rutinitas perawatan kulit. Potong biayanya dengan membuat campuran alami Anda sendiri di rumah. Panaskan sedikit madu sampai menjadi cair, tuang di atas bumbu, dan diamkan selama seminggu. Kemudian, Anda dapat mencampur satu sendok teh cairan ini ke dalam losion tanpa pewangi untuk kulit super lembut. Ingatlah untuk hanya menggunakan 1 sendok makan herbal per 8 ons madu.

5. Eksfoliator

Madu memiliki begitu banyak manfaat topikal pada kulit dan dapat membantu Anda tetap awet muda. Sama seperti itu memberi nutrisi dan menghidrasi, itu juga sempurna untuk dicampur dengan beberapa kacang almond atau gula merah untuk membuat lulur tubuh dan wajah yang manjur. Miliki hari spa DIY, kelupas sel-sel kulit mati itu, dan tunjukkan cahaya batin Anda!

6. Penguat latihan

Anehnya, madu dapat meningkatkan kinerja sesi latihan Anda. Jika Anda ingin bekerja lebih keras tetapi tidak minum kopi atau menemukan bahwa minuman berkafein tidak berhasil, pertimbangkan untuk mengonsumsi satu sendok makan madu sebelum berolahraga untuk kinerja keseluruhan yang lebih baik.

7. Penurun berat badan

Mengganti gula dengan madu dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan, dan juga akan mencegah kecelakaan gula yang ditakuti itu. Ini jauh lebih rendah pada indeks glikemik, dan merupakan penguat metabolisme alami, membantu Anda membakar lemak lebih cepat. Rasanya lebih enak daripada gula putih olahan, dan karenanya Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak untuk mempermanis minuman atau makanan Anda. Namun, ingatlah bahwa moderasi adalah kuncinya, karena masih tinggi gula.

8. Obat untuk parasit usus dan kesehatan usus

Alih-alih mencoba obat-obatan yang mengandung bahan kimia, alternatif alami untuk parasit usus adalah madu. Campur air, cuka, dan madu agar campuran ini efektif. Ini melindungi mukosa lambung dengan meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan sel epitel. Plus, efek anti-inflamasi keseluruhan membuatnya luar biasa untuk kesehatan usus, mendorong pertumbuhan bakteri yang baik.

9. Obat untuk alergi musiman

Jika Anda telah membangun toleransi untuk pil alergi musiman dan lebih memilih obat yang lebih alami, pertimbangkan untuk memperbaiki masalah sinus yang mengganggu dan mata berair dengan madu daripada perawatan OTC. Madu mentah dan tidak dipasteurisasi dapat membantu mengatasi gejala-gejala ini. Karena lebah menyerbuki tanaman lokal dan membawa alergen lokal ke dalam madu, menelannya dapat membantu mengurangi alergi seiring waktu.

10. Memperbaiki masalah jantung

Antioksidan dalam madu adalah alasan utama mengapa itu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Antioksidan ini, menurut beberapa penelitian, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan melindungi kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan. Ini dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung teratur, dan bahkan meningkatkan kadar lemak darah.