Ini 7 Tanda Anda Kebanyakan Protein

0
135

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa setiap kali seseorang mencoba mengubah pola makannya, mereka selalu mengkhawatirkan protein? Ketika Anda mencoba untuk menjadi lebih sehat, baik itu berhenti makan cepat saji, mencoba untuk mendapatkan otot, atau mencoba untuk menjadi vegetarian atau vegan – Anda selalu mendengar tentang makan cukup protein. Jelas kita membutuhkan protein dalam makanan kita, tetapi apakah obsesi untuk memiliki banyak protein ini benar-benar masuk akal? Atau apakah kita hanya dikondisikan untuk berpikir bahwa semakin banyak protein yang kita makan, semakin baik kita?

Nah, ternyata ada yang namanya terlalu banyak protein. Umumnya jumlah protein yang Anda butuhkan bervariasi menurut usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas, maksimal sekitar 3,5 gram protein per kilogram berat badan untuk atlet serius yang melakukan latihan berat setiap hari. Rata-rata orang umumnya membutuhkan antara 45 hingga 55 gram protein per hari. Tapi apa yang terjadi ketika Anda makan terlalu banyak protein? Anda akan segera mengetahuinya.

Gangguan pencernaan
Tahukah Anda perasaan ketika perut Anda terasa keras dan berat dan seperti terbebani? Ini bukan perasaan yang menyenangkan. Makan terlalu banyak protein pasti bisa terasa seperti itu, karena protein sulit dicerna dan jika Anda memiliki terlalu banyak sekaligus atau terus-menerus terlalu banyak – perut dan usus Anda akan kesulitan.

Dehidrasi
Memiliki terlalu banyak protein dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan air, membuat Anda dehidrasi. Sebagian besar waktu Anda hanya bisa minum lebih banyak air untuk melawannya, tetapi sering kali orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka lebih haus dari biasanya, karena sering kali kita juga tidak minum cukup air.

Kelelahan yang Tidak Dapat Dijelaskan
Sementara protein adalah bahan bakar yang bagus untuk tubuh kita dan secara sah terbuat dari otot kita, itu juga bukan hal yang paling mudah untuk dicerna. Ketika Anda makan terlalu banyak, sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih lama dan lebih keras untuk mencernanya dan itu bisa membuat Anda merasa lelah, tanpa alasan yang jelas.

Sembelit
Banyak orang yang makan terlalu banyak protein adalah orang-orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat tinggi protein. Ketika Anda membangun makanan Anda di sekitar protein dan mencoba meminimalkan karbohidrat, kemungkinan Anda akan mendapatkan sangat sedikit serat dalam makanan Anda, dan itu hanya dapat menyebabkan sembelit.

Bau mulut
Ketika Anda makan banyak protein dan sangat sedikit karbohidrat, tubuh Anda mengalami ketosis, yang sebenarnya menyebabkan bau mulut yang luar biasa. Dan Anda tidak dapat benar-benar memperbaikinya dengan mencuci kumur atau menyikat gigi terlalu sering. Bau itu berasal dari sistem pencernaan Anda. Yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencoba menyembunyikannya dengan minum lebih banyak air dan mengunyah permen karet.

Berat Badan
Banyak orang berpikir bahwa Anda hanya akan menurunkan berat badan dengan meningkatkan asupan protein Anda, tetapi pada kenyataannya, terlalu banyak protein tidak akan secara ajaib membuat Anda menurunkan berat badan. Ini juga tidak hanya akan berubah menjadi otot dan jauh lebih mungkin untuk disimpan dalam tubuh Anda sebagai lemak. Karena terlalu banyak apapun akan disimpan sebagai lemak di tubuh Anda. Konsumsi kalori yang berlebihan inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan, dan pada akhirnya terlalu banyak protein, terlalu banyak kalori.

Risiko Penyakit Jantung Dan Kanker
Dalam kebanyakan kasus orang yang makan terlalu banyak protein mendapatkannya dari makan banyak daging merah setiap hari. Dan penelitian menunjukkan bahwa makan banyak daging merah secara langsung terkait dengan masalah jantung dan peningkatan risiko kanker. Jauh lebih baik untuk mendapatkan protein dari makanan sehat jantung seperti ikan, unggas, kacang-kacangan dan kacang-kacangan. Tapi meski begitu, makan saja semuanya secukupnya.