Inilah 7 Alasan Bahwa Ternyata Selfie Baik Untuk Kesehatan Anda

0
365

Di era teknologi yang kita jalani saat ini, hampir semua orang pernah mengambil foto selfie setidaknya sekali. Ada suatu masa ketika istilah ini belum ada – namun sebaliknya, kata “selfie” telah menjadi bagian dari bahasa kita sehari-hari. Sering kali, selfie diasosiasikan dengan sikap sombong atau mementingkan diri sendiri. Mengambil banyak foto diri sendiri bisa terkesan terobsesi pada diri sendiri atau terlalu memedulikan penampilan dan penampilan Anda. Namun bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa selfie sebenarnya baik untuk Anda dalam beberapa hal? Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa selfie dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Jika Anda siap mempelajari mengapa Anda harus mengambil foto selfie setiap hari, simak 7 alasan mengapa selfie baik untuk kesehatan Anda.

Selfie dapat membantu mendeteksi penyakit

Percayakah Anda bahwa selfie sebenarnya bisa menyelamatkan hidup Anda? Penelitian baru menunjukkan bahwa selfie sebenarnya dapat membantu mendeteksi penyakit. Potret diri dapat dianalisis oleh profesional medis untuk mendeteksi apakah seseorang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Hal ini karena beberapa fitur wajah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi dibandingkan fitur lainnya.

Selfie bisa menjadi tindakan perawatan diri

Banyak orang mengira selfie hanya sekedar tindakan narsisme, padahal belum tentu benar. Penelitian menunjukkan bahwa selfie sebenarnya bisa digunakan sebagai tindakan perawatan diri. Seorang peserta dari penelitian tersebut melaporkan bahwa “Pekerjaan saya adalah peran yang sangat menegangkan… Ada hari-hari ketika saya hampir tidak berhenti untuk bernapas.” Terlihat bagus untuk selfie sebenarnya mendorong beberapa peserta untuk memperbaiki postur tubuh mereka dan keluar dari rasa takut.

Selfie dapat membantu meningkatkan mood Anda

Tersenyum terbukti mampu meningkatkan mood seseorang. Terkadang selfie dapat membantu Anda berpura-pura sampai Anda berhasil. Jadi tersenyum saat berfoto atau selfie sebenarnya bisa membuat Anda merasa lebih baik. Bahkan mengirimkan foto kepada keluarga dan teman dapat menambah kebahagiaan mereka, dan mendorong mereka untuk tersenyum juga — atau bahkan mengirim foto selfie kembali sambil tersenyum.

Selfie dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda

Mencintai diri sendiri adalah masalah besar dan banyak orang mulai menyadari betapa pentingnya hal itu bagi kesehatan mental kita. Meskipun dicintai oleh orang lain itu menyenangkan, Anda harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu dan sebaik-baiknya. Salah satu cara selfie dapat meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengambil foto selfie lebih percaya diri dan merasa lebih menarik dibandingkan mereka yang tidak mengambil foto selfie.

Selfie bisa memberikan refleksi diri

Selfie adalah cara yang bagus untuk merenungkan hidup Anda, terutama jika Anda sering memotretnya. Mereka dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda dalam beberapa cara dan melihat kembali seberapa jauh kemajuan Anda. Salah satu peserta penelitian mengalami masalah pribadi dan dia dapat merenungkan bagaimana dia bertahan dari masalah tersebut dengan melihat kembali foto selfie lamanya. Itu mengingatkannya pada kekuatannya untuk melewati hari-hari sulit.

Selfie dapat membantu Anda menjadi lebih bersosialisasi

Selfie adalah salah satu jenis gambar yang paling banyak dibagikan di media sosial. Berbagi foto selfie memungkinkan orang lain mengenal Anda lebih baik, dan bahkan dapat memicu percakapan. Selfie membantu menciptakan peluang untuk terhubung di dunia yang terkadang terlihat sangat terputus dan terisolasi.

Selfie adalah cara terbaik untuk membuat momen bertahan selamanya

Nostalgia didefinisikan sebagai “kerinduan sentimental atau kasih sayang yang menyedihkan terhadap masa lalu”, menurut sumber online. Perasaan ini diketahui baik untuk kesehatan mental kita dan membantu kita menciptakan perasaan positif tentang masa lalu. Selfie adalah cara terbaik untuk mengabadikan kenangan indah, dan merasa nyaman dengan perjalanan yang kita jalani.