Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

0
119

Sebuah surat lamaran pekerjaan adalah dokumen yang menyatakan ketertarikan Anda pada posisi pekerjaan yang ditawarkan. Oleh karena itu sebuah surat lamaran harus mampu menjelaskan secara singkat siapa Anda, baik sebagai pribadi maupun profesional. Dan surat tersebut juga menunjukkan prestasi dan keterampilan yang berkaitan dengan jabatan yang Anda inginkan.

Ketika sebuah surat lamaran pekerjaan ditulis dengan baik, perekrut atau Departemen Sumber Daya Manusia (HRD) akan memperhatikannya saat membaca surat lamaran Anda. Oleh karena itu, surat lamaran harus dapat meyakinkan mereka untuk mengundang Anda dalam sebuah wawancara. Di sinilah pentingnya untuk Anda membuat sebuah surat lamaran yang berkesan.

Surat lamaran juga berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan kualitas dan kemampuan pribadi Anda sebagai seorang profesional. Anda juga dapat mendiskusikan tujuan dan aspirasi profesional Anda mengenai perusahaan yang Anda incar. Faktanya, proses ini bisa membuat Anda menonjol dibandingkan kandidat lainnya. Inilah panduan dan beberapa contoh surat lamaran dari casciscus.com untuk memandu Anda.

Format Surat Lamaran Kerja

Singkatnya, surat lamaran harus ditulis seformal mungkin. Oleh karena itu, hindari melanggar kata dan frasa yang tidak menunjukkan keahlian. Bentuk surat lamaran ada tiga bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup.

Pembukaan surat lamaran meliputi surat (Anda dapat mengisi informasi kontak pelamar), tanggal, subjek, subjek penerima surat, termasuk nama lengkap dan lokasi, serta sapaan seperti “salam” atau “baik”. Pak Nyonya.” Menurut kami, surat yang diawali dengan pembukaan yang baik bisa menjadi nilai plus di mata pemberi kerja.

Berikut isi surat lamarannya. Ini adalah bagian utama surat, jadi harus diringkas dengan sebaik-baiknya. Menyampaikan setiap paragraf secara ringkas, padat, jelas dan tanpa kebingungan. Bagian pertama berisi informasi tentang alasan Anda menulis surat tersebut, posisi yang Anda lamar, dan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang pekerjaan tersebut. Jika ada referensi, harap sebutkan juga di bagian ini.

Jangan lupa untuk mencantumkan keterampilan atau kemampuan sebanyak-banyaknya dalam ringkasan CV Anda. Jangan asal copy paste CV saja, tapi usahakan tunjukkan kualifikasi dan pengalaman Anda yang relevan dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Tips mengirimkan surat lamaran yang baik dan akurat

Tidak ada seorang pun yang mengharapkan “ditolak” saat Anda sedang mencari pekerjaan. Oleh karena itu, ketika Anda akan mengirimkan surat lamaran kerja, Anda perlu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan agar hasilnya baik dan akurat. Jadi, tim HR perusahaan impian Anda dengan senang hati akan mengundang Anda untuk sesi wawancara. Setidaknya ada lima aspek yang harus Anda perhatikan dan jangan diabaikan.

1. Gunakan salam yang tulus
Meski tidak bertemu langsung, sebaiknya tetap gunakan sapaan hangat di surat lamaran Anda. Anda dapat menggunakan kata-kata “Salam…” atau “Yang Terhormat Tuan/Nyonya…”. Pujian yang baik bisa menjadi tanda kepribadian Anda di hadapan atasan.

2. Tulis alamat yang jelas dan lengkap
Jangan mengirimkan surat lamaran ke alamat yang salah. Jadi tulis dengan jelas alamat perusahaan dan kode posnya. Akan lebih baik jika Anda mencantumkan nama dan lokasi penerima surat serta perusahaan yang Anda ajak bicara.
3. Perhatikan penggunaan tata bahasa

Bahasa surat lamaran yang baik adalah yang singkat, padat dan jelas. Mudah dipahami dan tidak memakan waktu lama akan menjadi nilai tambah bagi manajer HRD. Hindari menggunakan kata-kata yang bermakna dan tidak jelas.

4. Prinsip mengirim surat
Jika ingin mengirimkan surat lamaran melalui email, hindari sore atau malam hari. Sebaliknya, pagi dan sore adalah saat yang tepat untuk berkirim surat. Biasanya, perekrut membaca email masuk satu per satu sebelum memulai pekerjaan.

5. Menyerahkan berbagai dokumen pendukung
Perekrut akan mempertimbangkan rekomendasi tersebut saat Anda diundang ke sesi berikutnya. Pilihlah dokumen yang benar-benar dibutuhkan oleh tim HR, sebaiknya sertakan sertifikasi yang Anda peroleh berdasarkan posisi yang Anda lamar. Semoga beruntung!